.

CBR 150 streetfire VS New Vixion lightning, bagus mana ?

Lama gak bikin postingan, kali ini saya mencoba sedikit membahas mengenai perbandingan dari sikuda besi Yamaha dan Honda terbaru dikelas sport naked 150cc ini. Karena masih banyak yg ingin tahu akan kelebihan dan kekurangan dari kedua motor ini jika dibandingakan dari semua aspek, baik itu dari segi mesin, performa dan tampilannya. Maka kali ini RmX akan coba kupas lagi agar bro dan sis sedikit terbantu untuk menentukan pilihan mana yg lebih cocok buat pemakaian dan karakter bro sis  nanti.
Artikel RmX kali ini mencoba untuk fair saja, tidak bermaksud untuk mengangkat/menjatuhkan pamor salah satunya. Tanpa ada embel2 fanatik terhadap brand manapun, mengingat gak ada untungnya buat RmX dari segi financial maupun segi Non Financial.
Kita Mulai dari Vixion dulu ya, Benarkah Jika DOHC engine  itu lebih baik ketimbang SOHC engine ? Tak dipungkiri ini akan menjadi topik yg akan hangat nantinya, layaknya kasus Satu silinder vs dua silinder yg akhirnya dimenangkan oleh dua silinder.   Secara penilaian konsumen memang DOHC lebih unggul ketimbang SOHC, Namun jika dilihat dari segi Fungsi dan pemakaiannya akan lain ceritanya. Sebut saja, Vixion yg SOHC overstroke akan sangat dominan jika dipacu stop n go, dikeramaian dan di kemacetan Vixion akan lebih perkasa. Begitu pula jika dibawa touring, vixion akan lebih superior jika dihadapkan pada jalanan yg berkelok2 dan mendaki. Karena SOHC overstroke engine tarikannya lebih spontan RPM awal plus Deltabox yg pakem dibawa meliuk2.
Tendangan tenaganya juga langsung terasa pada saat mesin dihidupkan. Suara knalpot yg bikin adrenalin menggelegak, plus sapaan Hi-Bro tentu akan membuat Rider semakin menyatu dengan tunggangannya. Dan boleh jadi ini akan menjadi keunggulan si vixion nanti. Ban yang besar, speedo digital, power naik, cakram depan belakang sudah memenuhi expectasi konsumen selama ini. Jika kick starter dihilangkan, itu sebenarnya tidaklah terlalu buruk bagi new vixion. Bahkan menurut RmX no worry aja. Lagipula gak ada efek negatifnya bro. Kemudian headlamp mungkin memang kurang solid dengan body, harusnya Yamaha membuat semacam striping untuk headlamp dan jangan pasang warna polos.  Kalau mau lebih bagus ya dirombak jadi lebih tajam kayak headlamp si Streetfire.
Memang jika difoto dalam kondisi terpajang new vixion terlihat kurang cakep, mungkin karena gak fotogenik. Tapi jika difoto pada saat ditunggangi oleh rider, akan membuat bro terkesima, vixion terlihat lebih berotot dan Racy abiz karena desain ekornya yg meruncing dan terkesan lux alias mewah.. bahkan jika bro yg menungganginya sendiri.
Jadi intisarinya adalah, New Vixion memang sangat menggoda, New Vixion lebih cocok buat pemakaian stop n go, moge look ketika di tunggangi, bikin bro dan sis lebih pede, lebih ekonomis soal BBM. Hanya saja kurang cocok jika dibawa touring pada trek yg lurus dan panjang. Inilah mungkin kekurangan dari new Vixion. Pada putaran atas agak ngos2an, suara mesin kurang enak didengar di RPM tinggi. Ditambah lagi karakter mesin yg overstroke SOHC. makin tinggi RPM makin kasian kita menggebernya :lol:   Tapi enak dan stabil jika dibawa 90km/j. :mrgreen:
Lalu gimana dengan CB 150 Streetfire ? Honda memang merancang ini agar lebih kompetitif dengan Vixion, ingat Vixion bukan New Vixion.  Kenapa RmX bilang begitu ? karena dari desain menurut RmX kurang fresh dan mungkin masih konvensional ketimbang New Vixion. Hanya saja DOHC engine dan Teralis frame nya mampu memberikan kesan Modern buat si CB ini. RmX melihat bukannya gak bagus. Atau memang desain dari CB ini menganut desain eropa punya ? Namun kalau dilihat2, memang si CB lebih cocok diajak ngebut nih, Teralis membuat Vibrasi lebih minim dan mengurangi gesekan dengan angin. Sepertinya akan stabil dan enak jika digeber diatas 100km/j. Cocok jika touring di trek yg lurus dan panjang, makin digeber makin ngacir, malah kita yg bawa kalau gak kuat mental bisa bahaya. Suara mesin juga makin menggoda bro di RPM tinggi. Mungkin new Vixion akan kewalahan mengejarnya. Bukan karna faktor 6speednya si CB atau 5 speednya si Vixi. Tapi karena karakter mesin dari CB memang lebih superior, DOHC overbore. Hanya saja CB menang telak atas Vixiy akan jarang terjadi kalau didalam perkotaan.  Lalu bagaimana diputaran bawah ? tidak begitu buruk mungkin, mengingat bobot dari CB lebih ringan dari CBR, tentu Power to weight ratio tidak akan terlalu jauh dibandingkan new Vixion. Meskipun torsinya lebih kecil dari new Vixion. Namun harus diakui kalau New Vixion akan lebih Garang di perkotaan.
Apalagi new vixion sekarang pakai ban yg lebih besar dari ban CB. selain ban yang kecil, dashboar dan bagian ekor CB kurang fresh bro, agak jadul, tapi soal headlamp memang lebih top ketimbang new Vixion. :lol:
Intinya adalah, CB 150 R streetfire akan superior di Trek yg panjang dan diajak touring. Namun tidak terlalu buruk jika dalam perkotaan.  Soal BBM mungkin gak se ekonomis Vixion, tapi jika pemakaian normal mungkin gak kalah irit dengan vixion. Kalau didalam kota, mungkin New Vixion boleh deh berbangga, fresh look dan ngacir meliuk2. Tapi kalau ketemu waktu touring, lebih baik new Vixion jangan coba2 menantang si CB. bisa malu2in..
Nah semua akan terbukti bagaimana nanti ketika dibawa test jalan. Saran saya, Kalau bro mau beli lebih baik di pertengahan tahun 2013. Dengar dulu pendapat teman yg sudah pernah nyobain si CB dan New Vixion. Nanti mana yg sudah terbukti baru deh bro dipinang. Jangan sampai nanti sudah kebeli tapi gak puas ? tapi kalau mau puas ya beli aja dua2nya bro, satu buat gaya2an satu lagi buat touring.. gimana ? asyiik gak tuh ?? Kalau RmX sih lebih milih New Vixion bro..
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NEWS UPDATE'S INFO AND TECHNOLOGI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger